Wednesday 23 March 2011

Tips Menghadapi Ujian Sekolah

 Hey Sobat, apakah Anda akan menghadapi Ujian di Sekolah…?. He he he…, Tenang Sobat !. Saya ingin berbagi Tips untuk membantu Anda dalam menghadapi Ujian di Sekolah, Simaklah karena ini mungkin sangat membantu Anda. Berikut 10 Tips untuk Anda :


  1. Yang paling Utama adalah berdo’a kepada Tuhan Yang Maha Esa. Pada saat sebelum Ujian di mulai, jangan LUPA untuk membaca Do’a belajar agar Tuhan memudahkan dalam mengerjakan soal-soal ujian.
  2. Perhatikan dan kuasailah  kondisi sekitar Anda agar cepat beradaptasi, dan jangan terpengaruh oleh teman yang terlihat santai-santai saja. Usahakan untuk Rileks seperti menurut Anda sendiri.
  3. Istirahat yang cukup. Atur pola tidur dan pola makan Anda, agar tidur tepat waktu dan makan makanan yang bergizi demi menunjang aktivitas belajar Anda pada malam harinya.
  4. Fokus. Usahakan untuk tetap fokus terhadap soal-soal yang akan dikerjakan. Jangan terlalu mempermasalahkan hal-hal yang sepele dan jangan sampai membuang-buang waktu saat mengerjakan.
  5. Baca ulang Materi pelajaran secara rutin, dan pahami inti materi. Sehingga Anda dapat memahami dan mengerti dengan jelas.
  6. Menghafal dengan teknik “menghafal cepat”. Seperti dengan cara : Hafalkan pokok kalimat yang berada pada awal dan akhir paragraf. Berfikirlah untuk menghafal secara kreatif.
  7. Melakukan diskusi dengan teman, guru, orang tua, atau dengan orang yang menurut Anda patut untuk diajak berdiskusi tentang materi pelajaran yang akan di ujikan nanti.
  8. Aturlah suasana tempat belajar Anda dirumah agar terasa nyaman, aman dan fresh dalam aktifitas belajar Anda. Karena konsentrasi akan lebih baik dan fokus jika suasana tempat belajar Anda sangat bersahabat/menunjang dengan otak dan fikiran Anda.
  9. Makan coklat juga dapat membantu memberi energi yang diperlukan saat ujian, dan memberi kekuatan daya ingat. Makanlah coklat pada saat sebelum ujian dimulai.
  10. Tegaskanlah Diri Anda, bahwa : Anda adalah orang yang SIAP dan PERCAYA DIRI dalam menghadapi ujian. Yakinkanlah bahwa : Anda pasti SUKSES menghadapi ujian tersebut.


Demikianlah beberapa Tips dalam menghadapi ujian di sekolah, semoga Sobat SUKSES melaksanakannya. He he he…..!


Salam Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat.

No comments:

Post a Comment