Wednesday, 30 March 2011

Menjaga Kebugaran Tubuh



Hey Sobat, Kesehatan tubuh kita merupakan harta yang tek ternilai harganya. Akan tetapi, untuk berusaha agar tubuh kita tetap Bugar bukanlah hal yang mudah. Kebugaran memang harus dilatih agar dapat menikmati usia matang dengan bahagia. Pada usia sekitar 20 tahunan adalah usia yang ideal untuk memulai hidup sehat dan bugar.

Sayangnya, karena metabolise tubuh sedang dalam masa puncak, banyak sekali kita mengabaikannya. Dan ketika usia memasuki kepala tiga, pada saat itu waktu dan konsentrasi tercurah untuk karier dan keluarga. Muncul lagi alasan untuk tidak menjaga kebugaran tubuh. Baru pada saat usia empat puluhan, metabolisme tubuh yang lebih lambat dan kondisi tubuh yang mulai tidak fit, orang baru sadar akan kepentingan untuk menjaga kebugaran tubuh dan perlunya perawatan tubuh dengan benar.

Olahraga menjadi aktivitas baru yang ternyata menyenangkan. Sayangnya, kadang-kadang kondisi tubuh tidak sejalan dengan niat baik itu. Selesai berolahraga tubuh rasanya lemas, dan napas terasa ngos-ngosan. Bukannya bugar, tubuh malah menginginkan waktu istirahat yang lebih lama. Atau jangan-jangan konsumsi makanannya keliru.
Makanan yang dikonsumsi mempunyai manfaat ekstra selain mengisi simpanan energi dan cairan yang hilang selama berolahraga. Beberapa jenis makanan juga bisa membantu mendongkrak tenaga, menambah daya tahan, dan bisa memulihkan diri dengan baik. Diantaranya seperti apel, susu rendah lemak, yogurt, dan madu.
Apel merupakan sumber antioksidan yang disebut quercetin yang meningkatkan ketersediaan oksigen di dalam paru-paru. Bila dikonsumsi dalam bentuk suplemen, quercetin membantu orang untuk dapat bersepeda lebih lama. Susu mengandung karbohidrat dan protein, untuk mengembalikan energi yang terkuras. Yogurt dapat menjadi pilihan bagi mereka yang tidak suka susu karena bakteri hidup yang terkandung dalam yogurt dapat meningkatkan bakteri baik di dalam pencernaan. Pilihan asupan sehat lainnya adalah madu yang kaya fruktosa, glukosa, antioksidan, dan vitamin.

Untuk menjaga stamina dari jam ke jam, maka diperlukan energi ekstra. Dengan segenggam kacang-kacangan rebus (bukan yang di goreng) sangat baik untuk dikonsumsi tiap jam untuk menjaga stamina. Ketika keringat bercucuran saat berolahraga, pastikan tubuh mendapat pengganti segera. Minum air putih untuk menjaga tubuh dari dehidrasi yang menyebabkan tubuh lemas.
Meski energi terkuras, sebaiknya agar menahan diri untuk (balas dendam) menghabiskan makanan kesukaan tanpa aturan. Dianjurkan untuk makan siang dengan roti gandum, sayuran, dan jus. Itu lebih baik walaupun kita tidak terbiasa, namun demi kesehatan tubuh kita haruslah menyadarinya.

Semoga kita selalu ingat dan menyadari akan kebutuhan tubuh yang sehat dan bugar. Sehingga kita dapat membiasakan pola hidup sehat yang seimbang, dan terbiasa untuk melakukannya.

Salam Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat

1 comment:

There was an error in this gadget