Wednesday, 23 March 2011

DRUM ACOUSTIC

Berawal dari perang  Inggris Raya pada sekitar tahun 1810, untuk menyemangati para prajurit yang bertempur di medan perang digunakan sebuah alat perkusi yang berbentuk Snare, yang ukurannya lebih tebal dan lebih tebal dari snare drum pada zaman sekarang. Kemudian pada sekitar tahun 1900, hasil dari pemikiran para perkusionis Inggris akhirnya dilengkapilah snare tersebut menjadi satu set alat musik yang bernama drum, yang berguna sekali untuk menjaga tempo, beat ritme dari musik yang dimainkan secara bersamaan.

Drum acoustic menggunakan bahan dasar dari kayu dan kulit binatang (awal mula drum), namun pada zaman sekarang tedapat banyak drum yang menggunakan fiberglass atau karet plastik. Tapi pada umunya, drum acoustik masih tetap menggunakan bahan dasar yang terbuat dari kayu. Beberapa jenis kayu yang banyak digunakan untuk pembuatan drum terdiri dari beberapa kayu pilihan, diantaranya ;

·        Maple
·        Mahony
·        Alder
·        Rosewood

Pembuatan drum biasanya berlapis, menurut selera atau karakter sound yang di inginkan. Ada sekitar 9 lapis (plywood) pada drum, dan biasanya pada lapisan terakhir menggunakan kayu Maple, walaupun ada juga drum yang seluruhnya menggunakan kayu Maple. Drum yang menggunakan full kayu Maple tentunya akan menghasilkan karakter sound yang berbeda dibanding dengan drum yang menggunakan plywood berlaps-lapis.

Ukuran snare yang banyak dipakai biasanya berkisar antara 13” sampai 14”, sedang ukuran besar diameter pada Tam 1 untuk standart drum pada umumnya berkisar 10” sampai 13”, lalu untuk Tam 2 berdiameter 12” sampai 14”. Untuk Flor jika ingin mendapatkan sound yang lebih Low, menggunakan ukuran berdiameter 16” sampai 18”.

CYMBAL ACOUSTIK

Bahan dasar pada cymbal biasanya menggunakan campuran tembaga dan perunggu, sedangkan yang membedakan karakter bunyi pada cymbal selain materialnya adalah ukuran volume cymbal tersebut.

·        Crash memakai ukuran berdiameter 16” sampai 17”.
·        Splash memakai ukuran berdiameter 10” sampai 12”.
·        Ride cymbal biasanya berukuran 20:” sampai 22”.

Ada beberapa macam cymbal tambahan yang banyak digunakan diantaranya Chinese cymbal atau Splash.


KETERANGAN :

1.                 Hi Hat
2.                 Crash Cymbal (16”-17”)
3.                 Splash Cymbal (10”-12”)
4.                 Crash Cymbal (17”-18”)
5.                 Ride Cymbal (20”-22”)
6.                 Crash Custom (16”-17”)
7.                 Chinese Cymbal (17”-18”)
A.               Snare (13”-14”)
B.               Tom 1 (10”-13”)
C.               Tom 2 (12”-14”)
D.               Flor Tom (16”-17”)
E.               Flor Tom (17”-18”)
F.                Kick Bass (18”-24”)
G.              Bangku

No comments:

Post a Comment

There was an error in this gadget