Wednesday, 11 May 2011

Tips untuk mempercepat tidur


Apakah Anda pernah mengalami sulit untuk tidur ??. Bila jawabannya iya, pasti Anda pernah merasa jengkel ketika susah tidur ini tiba, dan ini sangat tidak baik bagi kesehatan.

Biasanya, ketika kita sudah berada di atas tempat tidur untuk beristirahat, lalu rasa kantuk yang di tunggu tak kunjung datang. Bahkan , sampai berjam-jam mata kita masih susah untuk dipejamkan. Akhirnya, lingkar hitam pada kulit di sekitar mata tampak jelas pada keesokan harinya. Wajah pun jadi terlihat kusut.

Bila hal ini sering di sebabkan karena perut yang lapar, ada baiknya untuk memerhatikan tips di bawah ini. Ada beberapa bahan makanan yang bisa di makan  guna mempercepat tidur.

  1. Roti panggang.
Makanan yang kaya akan karbohidrat, memicu produksi yang menyebabkan rasa kantuk karena pelepasan Tripolan dan Serotonin. Kedua zat kimia pada otak itu membantu orang menjadi rileks dan mengantuk.

  1. Pisang.
Kandungan Potasium dan Magnesium di dalamnya merupakan zat alami untuk relaksasi otot tubuh. Asam amino L-triptofan yang mampu mengubah zat kimia 5-HTP dalam otak yang juga dapat mengubah Serotonin (saraf transmiter pemicu rasa nyaman) dan Melatonin.

  1. Susu hangat.
Sama seperti pisang, susu mengandung Asam amino L-triptofan yang mengubah 5-HTP dan melepas zat Serotonin yang membuat orang menjadi tenang. Susu juga kaya akan Kalsium, yang dapat berguna untuk membuat orang jadi merasa mengantuk.

  1. Oatmeal.
Layaknya roti panggang, dengan semangkuk oatmeal dapat memicu gula darah naik, yang kemudian memicu produksi Insulin dan melepas zat kimia pada otak penyebab rasa kantuk. Selain itu, oatmeal juga kaya akan kandungan Melatonin.

Itulah beberapa bahan makanan yang dapat mempercepat rasa kantuk guna kebutuhan istirahat tidur kita. Semoga tips di atas dapa membantu Anda yang sedang mengalami gangguan sulit tidur yang dikarenakan perut terasa lapar. Salam Terima Kasih

No comments:

Post a Comment

There was an error in this gadget