Wednesday, 18 May 2011

Tips Berpuasa

Marhaban ya Ramadhan… akhirnya bulan suci yang dinantikan umat muslim datang juga. Apakah itu?, ya.. waktunya puasa !. ok, selama sebulan, kita akan bangun pagi guna melakukan makan sahur dan berbuka puasa saat adzan maghrib berkumandang.

Menjalankan ibadah puasa, selain tujuannya untuk mendekatkan diri kepada yang maha kuasa juga bagus sekali buat kesehatan, karena mengurangi konsumsi makanan yang berlebihan yang masuk kedalam perut kita. Terkadang, puasa juga menjadi salah satu cara untuk melakukan diet.

Banyak juga orang yang berpuasa tapi tidak melakukan makan sahur, biasanya yang menjadikan alasannya adalah karena biar cepat langsing. Padahal itu merupakan kebiasaan yang keliru dan itu suatu kesalahan.

Dengan makan sahur, metabolisme tubuh akan lebih seimbang, sehingga puasa yang di jalani akan lebih ringan. Diusahakan pada saat makan sahur selalu ada buah, sayur, susu, dan vitamin.

Puasa itu nggak cuma menahan rasa lapar dan haus, tapi juga menahan segala hawa nafsu yang nilainya negatif dan juga harus di iringi dengan niat yang kuat. Apalagi jika makan sahurnya bareng keluarga, pastinya bakal lancar puasanya, bakal sehat jiwa dan raga. Haha…

Inilah tips sederhana guna menjalani puasa agar sukses sampai adzan magrib tiba. Tips berikut ini bisa anda coba, semoga dapat bermanfaat, amin….

  1. Jangan Sampai Terlambat Makan Sahur.
Sahur merupakan rangkaian dalam menjalankan ibadah puasa. Walaupun bisa menjalankan puasa tanpa makan sahur, jangan pernah ketinggalan makan sahur. Sebab, sahur juga berguna buat menyuplay gizi dan energi, supaya semua aktifitas kita berjalan lancar selama seharian berpuasa.

  1. Buka Puasa Dengan Makan Secukupnya.
 pertama yaitu minum air putih terlebih dahulu guna penetralisir lambung kita. Selanjutnya bisa makan dan minum yang mengandung karbohidrat, sebaiknya pilih yang gampang dicerna. Seperti, the manis, kolak, sirup, jus buah, kurma dan lain-lain. Setelah sholat dan istirahat sebentar, silahkan makan hidangan berbuka puasanya.  Makanlah dengan porsi sedang dan seimbang antara nasi, sayur, dan lauknya.

  1. Tetap Beraktivitas.
Pada saat menjalani puasa, bukan berarti bahwa aktivitas kita ikut puasa juga. Hari-hari berjalan seperti biasanya, dengan tetap menjalankan aktivitas kita. Meskipun pada awalnya tubuh kita perlu beradaptasi sewaktu berpuasa, namun selanjutnya bakal berjalan dengan terbiasa dan lebih mudah. Lakukanlah kegiatan yang semestinya dilakukan tiap harinya, jangan di bikin ribet. Melakukan olahraga atau jalan santai setelah saat sahur juga baik, lalu menjalankan sholat tarawih juga bisa menjaga kebugaran tubuh.

  1. Banyak Minum Air Putih.
Tubuh lebih rentan jika kekurangan air dibanding dengan kekurangan makanan. Oleh karena itu, kebutuhan air harus tercukupi. Selain air putih, kebutuhan akan air bisa juga di tambahi dengan susu, sirup, buah-buahan, atau makanan yang berkuah.

  1. Menjaga Hati.
Puasa tidak hanya menahan rasa lapar dan dahaga, tapi juga menahan segala hawa nafsu di dalam hati. Khususnya hawa nafsu yang nilainya negatif yang berujung dosa. Alangkah baiknya, jagalah emosi dan segala hawa nafsu kita, jika semuanya terkendali, hati kita akan terasa tenang.

No comments:

Post a Comment

There was an error in this gadget