Thursday 21 April 2011

Karnaval di Indonesia

Di Indonesia, karnaval sering di adakan pada Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia di setiap tahunnya. HUT RI tersebut jatuh pada tanggal 17 Agustus, akan tetapi perayaan karnaval dilaksanakan selain pada tanggal 17 di bulan Agustus. Pesertanya berasal dari berbagai kalangan mulai dari masyarakat umum, pelajar, instansi, maupun organisasi.
Semua peserta akan berkreasi dalam pentas seni tersebut sebagai apresiasi dalam mewakili karakter masing-masing peserta. Biasanya peserta pelajar yang mewakili sekolahannya akan menampilkan potensi, program, eksistensi maupun image sekolahnya. Peserta dari pihak instansi biasanya menampilkan program dan image instansinya. Peserta organisasi biasanya menampilkan potensi, eksistensi, dan image organisasinya. Bagi peserta dari masyarakat umum ini lebih atraktif dalam penampilannya, biasanya menampilkan image, potensi, program wilayah, kesenian daerah tersebut hingga hasil buminya.
Sangat menarik untuk mengamati perayaan karnaval ini, karena pasti berubah-ubah dalam setiap tahunnya. Bagi peserta yang mendapat penilaian terbaik akan menjadi pemenang dan sudah pasti mendapat hadiah dari kepala daerah yang mengadakannya, meskipun hadiah tersebut tidaklah banyak dan tidak sebanding dari dana pengeluaran peserta saat mengikuti perayaan itu.

No comments:

Post a Comment