Friday, 11 February 2011

Valentine's Day

Hari Valentine boleh di artikan sebagai hari Percintaan atau Kasih Sayang yang ditujukan/diperingati oleh Pasangan Kekasih. Namun bukan hanya bagi pasangan kekasih saja, tetapi bagi Orang-orang yang saling menghargai dan mengasihi. Seperti ; Anak kepada Ibu/Bapaknya, kepada Sahabat baik, Dll.

Hari Valentine bermula dari kisah nyata Santo Valentinus ( seorang santo/martir, orang suci di gereja Roma ). Di Dunia Barat, Hari Valentine di artikan sebagai hari dimana para kekasih dan Orang-orang yang sedang jatuh cinta menyatakan cintanya. Hari Valentine di peringati tiap tanggal 14 Februari.

Biasanya pada hari Valentine banyak yang mengungkapkan perasaan cinta atau kasih sayangnya melalui kartu ucapan, lewat pembicaraan langsung, SMS, E-mail, hingga dengan pemberian Hadiah yang merupakan simbol Cinta dan Kasih Sayang. Seperti ; Bunga Mawar, Coklat, Perhiasan, Dll.

Pada zaman sekarang umumnya Hari Valentine banyak di peringati oleh kaum muda yang ingin mengungkapkan rasa cinta dan kasih sayangnya kepada pasangannya atau kepada lawan jenis yang mereka sayangi. Makanya banyak dari kaum muda yang menanti perayaan Valentine setiap tahunnya. Hingga Persiapan-persiapan untuk merayakannya sudah di mulai saat awal bulan Februari tiba. Mungkin Momen ini adalah saat yang tepat untuk menyatakan rasa cinta dan kasih sayangnya yang terbaik untuk Orang-orang yang di sayanginya. Tak heran bila pada hari-hari menjelang perayaan Valentine banyak yang menjual pernak-pernik khusus Valentine, banyak yang mengadakan pesta Valentine, hingga banyak Media-media Elektronik maupun Surat Kabar dan Majalah yang membahas makna Hari Valentine serta Info-info bagi yang merayakan Valentine's Day tersebut.

Makna Filosofis Hari Valentine :

Valentine secara umum di anggap sebagai Hari Kasih Sayang bagi Orang-orang yang memperingatinya. Dilihat dari kalimat " Kasih Sayang ", bisa kita ambil kesimpulan bahwa : 
  • Itu adalah Perasaan yang ada di setiap Hati Manusia, yang secara alami tumbuh dan berkembang dalam hidupnya.
  • Suatu Perasaan yang mempunyai makna Saling Menghargai, Memberi, Melindungi, Simpatik dan Empati yang menciptakan Perasaan Damai akan Cinta dalam arti yang sesungguhnya.
Oleh karena itu, kita adalah manusia yang memiliki sebuah hati, simbol dari Emosi. Hatilah yang merasakan dan mengerti tentang  Perasaan Cinta, Kasih, Empati, dan Kedamaian. Sehingga sampai kapan pun kita ingin selalu Selaras dengan apa yang di rasakan oleh Hati Nurani kita. Alangkah baiknya, tidak hanya pada saat Hari Valentine saja kita mengungkapkan Rasa Kasih Sayang dan Cinta, tetapi setiap saat dan dimanapun kita berada untuk senantiasa menyampaikan Rasa Kasih Sayang kepada sesama serta terhada Alam, Lingkungan yang bermuara pada Perasaan Cinta kepada yang Esa.


Salam Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

There was an error in this gadget