Saturday 19 January 2013

Lawu Mountain

Gunung Lawu terletak di dua daerah yaitu, di Perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur. Wilayahnya sangat hijau karena banyak tanaman sayuran dan pohon pinus di sekitar jalan antara Magetan-Jawa Timur menuju Tawangmangu, kab. Karanganyar-Jawa Tengah. Diantara Magetan menuju Karanganyar terdapat beberapa objek wisata yang menarik, terutama Telaga Sarangan di kabupaten Magetan-Jawa timur dan Air Terjun Grojogan Sewu di kabupaten Karanganyar-Jawa tengah.

Gunung Lawu


Kondisi jalur dari Sarangan menuju Tawangmangu mulai menanjak, tapi aspal jalan sudah bagus dan lebar jalan sudah standart jalan raya. Karena udara di kawasan ini sangat dingin, ada beberapa hal yang harus di perhatikan yaitu : 
  1. Kendaraan harus memenuhi standart keamanan.
  2. Gunakan pakaian hangat, seperti kaos berbahan cotton atau nilon, jaket, kaus tangan, sepatu tahan air, masker, jas hujan ( jika musim hujan ).
  3. Jangan lupa membawa makanan ringan serta minuman.
  4. Kamera ( karena pemandangan di sekitar sangat bagus, hehee.. ).
Biasanya antara jam 15.00 kabut tebal sudah mulai turun, maka perlengkapan guna mengantisipasi udara dingin kabut sangat diperlukan. Bila di perjalanan menemui kabut tebal yang kadang jarak pandang sampai 5 meter, usahakan tetap tenang dan fokus pada kondisi jalur. Usahakan motor melaju dalam kecepatan rendah dan perhatikan lajur tepi jalan agar tetap pada lajur yang aman, juga nyalakan lampu jauh. Memang jika berada dalam perjalanan yang berkabut tebal yang jarak pandangnya sampai 5 meter ini bagaikan berada di alam misteri yang sekeliling kita serba putih, sehingga kita tidak bisa melihat apapun di atas jarak 5 meter lebih. Jika kita bisa tetap tenang dan fokus, kita akan selamat sampai tujuan. 


Ini adalah pengalaman yang seru mengenai alam, terutama alam pegunungan. Selamat menjelajahi alam...., and go green.

Salam Terima Kasih dan semoga bermanfaat.

2 comments:

  1. wah bagus gan, pasti sama joo ya.. LOL

    ReplyDelete
  2. Yoi boss, Viewnya keren. Cuman waktu itu diperjalanan di hadang sama kabut

    ReplyDelete